OPTIMALISASI FUNGSI HUMAS DAN MEDIA SOSIAL

Senin (26/4), bertempat di Ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kota Salatiga, Anggota Divisi Sosdiklih Parmas beserta staf bagian Teknis Hupmas mengikuti online workshop penguatan kapasitas kehumasan dengan tema “Meningkatkan Citra Lembaga Melalui Pengelolaan Konten Media Sosial dan Optimalisasi Fungsi Kehumasan”. Kegiatan ini merupakan kerjasama KPU Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah. Selain KPU Kabupaten /Kota se –Jawa Tengah, kegiatan ini juga diikuti oleh Dinas Kominfo Se-Jawa Tengah.
Kegiatan diawali dengan sambutan dari kepala Diskominfo Jawa Tengah, dan dibuka oleh KPU Jawa Tengah Divisi Sosdiklih Parmas. Online workshop kali ini menghadirkan dua narasumber yaitu Asmono Wikan yang merupakan founder Humasindonesia.Id, dan Wicaksono , sorang digital creator. Sedangkan Sub Koordinator Subbagian Teknis Hupmas KPU Jawa Tengah, Dimas Narotama bertindak sebagai moderator.
“Berkomunikasi adalah membangun cerita, mengkreasi narasi menjadi sebuah storytelling. Storytelling merupakan cara efektif lembaga dalam meningkatkan citra dan reputasi. Story yang bagus akan menghasilkan reputasi”. Demikian disampaikan oleh Asmono Wikan dalam paparannya tentang optimalisasi fungsi kehumasan. Sedangkan Wicaksono memberikan pandangan bahwa “Tinggi rendahnya angka engagement rate atau metrik dalam pemasaran digital untuk mengukur kinerja konten di media social sangat penting bagi sebuah lembaga. Untuk mencapai nilai yang tinggi, lembaga harus menyajikan konten yang menjawab kebutuhan, bermanfaat, interaktif, bernilai, menarik, dan menghibur audiens “ .
Dari paparan kedua narasumber bisa ditarik kesimpulan bahwa optimalisasi peran kehumasan dan media sosial dibutuhkan untuk meningkatkan engagement rate yang menentukan kualitas, citra dan reputasi sebuah lembaga. Sebagai lembaga semi politik KPU harus mampu menjawab tantangan bagaimana mengelola media social dengan konten yang tepat,cepat dan akurat, serta mengoptimalkan fungsi kehumasan sebagai sarana berkomunikasi dengan khalayak. (kpusalatiga)